Stop Membuang Waktu Anda !!

Stop Membuang Waktu Anda !!

Terkadang pebisnis UKM membuang waktu mereka demi  hal yang kurang efektif, mereka membuang $ 1000 demi $10. Hal itu terjadi karena mereka mengurusi hal yang seharusnya mereka dapat delegasikan. Terkadang mereka mengerjakan hal seharga $10 seperti mengurusi  stock barang, padahal mereka memiliki pekerjaan seharga $1000 seperti mengirimkan invoice untuk klien atau melakukan negosiasi pada prospek yang ada. 

Para pebisnis ini belum bisa memahami tentang prinsip 80/20 yang mana 20% itu untuk pelanggan dan 80% untuk sales. Sebenarnya prinsip 80/20 berlaku untuk semua elemen bisnis dan yang paling penting adalah proposi pada manajemen waktu. 

Penyakit yang ada pada para entrepreneur adalah mereka telalu percaya diri dengan mengatakan “Saya bisa mengerjakan ini sendiri.”  Hal tersebut yang membunuh efektivitas waktu para pengusaha

Pastilah kita mampu melakukan hal-hal yang mudah seperti memperbaiki keran ataupun memperbaiki komputer yang terkena virus, tapi apakah kita harus melakukan itu sendri. Apakah kita harus kehilangan pekerjaan seharga $1000 demi pekerjaan $10 seperti memperbaiki keran itu. 

Kita sebagai pengusaha sering tergoda untuk meng-hire orang-orang hebat di bidang-bidang yang berperan besar seperti Sales dan Marketing, tapi pernahkah kita berpikir untuk mempekerjakan orang-orang yang bisa mengerjakan hal-hal kecil seperti memperbaiki printer yang rusak atau membeli peralatan tulis. 

Berikut ini lima hal yang harus Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan membuang waktu bagi para pengusaha: 


1. Pekerjakanlah karyawan

Sebenarnya mudah untuk menemukan orang yang bisa masak ataupun bersih-bersih, dan pasti tidak sulit untuk menemukan orang-orang  seperti itu yang mau dibayar 500-800 ribu untuk melakukan hal itu. Sebagai seorang pebisnis yang meyakini bahwa usaha kita akan sukses, jangan ragu untuk mengeluarkan uang sebesar 500-800 ribu untuk orang-orang yang melakukan pekerjaan yang mudah. 


2. Singkirkan Pekerjaan Mudah itu dari Pikiran Anda 

Kita asumsikan sekarang Anda sudah menyewa orang untuk melakukan hal-hal yang mudah, apa yang Anda pikirkan. Apakah Anda berpikir terlalu rendah menghargai pekerjaan seseorang. Singkirkanlah itu semua, bila kita yakin kalau itu pekerjaan yang mudah pasti mereka yang mengerjakan mengerti kenapa di bayar seharga itu. 


3. Sewalah Asisten Pribadi 

Dengan kesibukan yang Anda miliki sangat ideal untuk Anda mempekerjakan orang sebagai asisten pribadi Anda. Mereka akan membantu mengerjakan pekerjaan yang akan menyita banyak waktu Anda seperti membawa ke bengkel mobil Anda yang rusak ataupun hanya untuk merapikan email Anda. 


4. Bersantailah 

Kita sebagai seorang pebisnis terkadang merasa hebat, bekerja mulai dari subuh hingga larut malam. Padahal sebagai seorang yang memiliki peran central dalam bisnis kita memerlukan istirahat, agar setiap strategi bisnis yang kita jalani bisa mencapai hasil yang maksimal. 


5. Fokus di Jam Efektif Anda 

Setiap orang pasti ada saat-saat dimana melakukan sesuatu dengan maksimal pada hari itu. Misal, bila Anda mengerjakan segala sesuatu dengan hasil yang maksimal, lakukanlah hal-hal penting di jam itu. Misal jam efektif Anda ada pada jam 1 siang, jangan mengirim email melebihi jam 1 siang. 


Dengan efisienkan pekerjaan kita, kita bisa mengumpulkan lebih banyak keuntungan dan waktu luang, karena itulah enaknya menjadi seorang pebisnis.


Sumber : http://www.entrepreneur.com/article/229813

Sumber : https://novandipsaputra.com/stop-membuang-waktu-anda-detail-408472