Ingin Membeli Frachise Perhatikan 6 Hal Ini

Ingin Membeli Frachise Perhatikan 6 Hal Ini

Bagi Anda yang memiliki uang dan ingin berinvestasi dalam bentuk usaha, tidak ada salahnya jika Anda membeli sebuah franchise. Ketika Anda membeli sebuah franchise Anda tidak akan dituntut untuk  tahu banyak mengenai seluk beluk bisnis, karena Anda akan di bantu oleh sang franchisor yang akan memberikan bimbingan. 

Anda tidak perlu takut untuk membeli sebuah franchise walaupun Anda harus tetap berhati-hati. Saat ini franchise merupakan salah satu alternatif cara untuk Anda dalam menginvestasikan uang Anda, bahkan banyak orang yang sukses karena membeli sebuah franchise. 

Tapi tidak ada usaha yang menjanjikan 100% keberhasilan, salah satunya franchise ini. International Franchise Association merilis beberapa fakta dan peringatan hal-hal yang harus diperhatikan saat akan membeli sebuah franchise, seperti : 


1. Risiko Kehilangan Uang 

Umumnya para franchisee harus membayarkan franchise fee sebagai salah satu syarat dalam membeli sebuah franchise. Franchise fee ini sifatnya non-refundable, artinya tidak dapat diambil atau di tarik kembali setelah dibayarkan kepada franchisor. 

Franchisee harus siap menghadapi kehilangan sejumlah uang yang dibayarkannya jika ternyata hak waralaba yang akan di beli itu gagal di tengah jalan, bahkan sebelum beroperasi. 


2. Siap Mengalami Kerugian 

Sebenarnya tidak begitu penting banyaknya dana yang Anda keluarkan untuk diinvestasikan tapi seberapa besar kerugian yang bisa Anda tanggung jika bisnis waralaba Anda mengalami kerugian. 


3. Siap Diatur Franchisor 

Saat membeli franchise kita harus siap diatur ketat oleh franchisor, terkadang ada juga franchisor yang mengambil keputusan sepihak seperti lokasi usaha, teritori yang diperbolehkan, desain gerai, dan juga produk-produk yang dijual. 


4. Tidak Diperkenankan Memperpanjang Waralaba 

Biasanya franchise agreement berkisar sekitar 5-20 tahun, bisa jadi bila setelah selesai perjanjian tersebut Anda tidak punya pilihan memperpanjang kontrak waralaba tersebut. Kita harus menghitung risiko, apakah ketentuan tersebut masih menguntungkan untuk Anda. 


5. Konsumsi Menurun 

Setiap produk pasti memiliki lifecycle, Anda harus memikirkan hal tersebut. Ada kalanya sebuah produk mengalami penurunan  atau bahkan ditinggalkan konsumen. Anda juga harus bersiap-siap dengan produk yang kita jual ternyata sudah banyak di jajakan di masyarakat, hal tersebut dapat membuat masyarakat jenuh dan meninggalkan produk tersebut. 


6.Praktek Tidak Fair 

Anda harus berhati-hati terhadap praktik hard sale atau mencari keuntungan sepihak dari franchisor. Lihatlah dengan teliti kemampuan franchisor  serta nama baiknya, mampukah sang franchisor memberikan dukungan jangka panjang dan continue.


Namun franchise sesungguhnya memiliki banyak keuntungan, tergantung bagaimana kita melihat dan memahami konsep franchise tersebut. Kita juga harus berhati-hati jika dalam membeli franchise lihat reputasi dari franchise dan franchisor-nya terlebih dahulu. 

Sumber : https://novandipsaputra.com/ingin-membeli-frachise-perhatikan-6-hal-ini-detail-408711