8 Langkah Untuk Membangun Konsumer Relationship Secara Online 

8 Langkah Untuk Membangun Konsumer Relationship Secara Online 

Mengapa kita memilih sebuah brand dibanding brand yang lain? Brand royalty bukanlah sebuah mental act, tapi tindakan emosional, dan seorang yang loyal terhadap suatu brand mempunyai ikatan yang kuat terhadap brand tersebut. Seperti yang dikatakan Woody Allen dalam Annie Hall, "A relationship, I think, is like a shark. It has to constantly move forward or it dies."

Tantangan yang muncul bagi sebuah brand adalah bagaimana membangun sebuah ikatan emosional kepada pelanggan dan bisa mempertahankan hal tersebut.  Bagaimanakah sebuah brand dapat mendapatkan pelanggan dan membuat mereka setia dan menjadi  loyal terhadap sebuah brand. Berikut ini adalah delapan langkah untuk membangun consumer relationship secara online.

1. Tentukan Karakter Anda

Saat ini merupakan zaman social media, hampir setiap orang sekarang memiliki akun social media. Sebagai sebuah bisnis yang mencoba menjalin ikatan terhadap orang-orang tertentu Anda harus mengetahui dengan pasti siapa orang-orang yang perlu Anda dekati. 

Anda harus mengetahui dan mendetailkan sebisa mungkin tipe pelanggan yang ingin Anda dekati kebiasaan  dan apa yang mereka sukai, apa yang mereka makan untuk sarapan, apa buku yang mereka baca, dan juga bagaimana mereka menghabiskan penghasilan mereka.

Kenali  pelanggan Anda, semakin dekat  Anda dengan mereka, semakin mudah Anda bernegosiasi dengan mereka.


2. Katakan pada Setiap Orang Anda Mencari

Jika Anda mencari teman untuk bermain golf ataupun teman-teman yang ingin Anda ajak bermain futsal bersama, pasti yang Anda lakukan adalah membuat orang-orang tahu kalau Anda sedang mencari teman.  Hal tersebut tidak ada bedanya dengan yang terjadi dalam sebuah bisnis. Anda pasti ingin disejajarkan dengan orang-orang atau group yang bisa membantu Anda menemukan tipe konsumen yang Anda buat tadi.

Orang-orang dan  group-group tersebut merupakan influencer yang memiliki interaksi secara langsung dengan orang-orang yang merupakan tipe pelanggan Anda, para influencer tersebut juga telah memiliki kepercayaan dari orang-orang tersebut.

Cari cara untuk bisa bekerja atau berpartner dengan para influencer tersebut. Buat mereka melihat passion Anda. Orang ataupun sebuah bisnis yang dirasa memiliki kesama pandangan akan membuat mereka tertarik, dan itu kunci yang Anda butuhkan. Lakukan hal tersebut dengan menciptakan simbiosis yang saling menguntungkan bersama para influencer tersebut.

3. Lihat Setiap Part-nya

Cari tahu apa yang bisa membuat tipe pelanggan Anda tertarik dan yakinkan mereka kalau Anda seperti yang mereka inginkan. Untuk dapat melakukan hal tersebut Anda harus mengetahui social media apa yang mereka sukai dan bagaimana cara mereka mengakses social media mereka. Suasana online yang mereka rasakan dapat meningkatkan ketertarikan mereka.


Bagikan Post

Artikel Terkait

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar