Yuk Cari Tahu Seberapa Pentingnya Testimonial Pada Bisnis Online

Yuk Cari Tahu Seberapa Pentingnya Testimonial Pada Bisnis Online

Sebagai usaha yang mengutamakan kepercayaan, bisnis online menuntut kita untuk membangun hal tersebut, karena para pembeli yang berbelanja secara online tidak mau gambling dengan penjual yang belum mereka kenal. Lalu bagaimana agar kita bisa membuat seseorang bisa percaya dengan toko online yang kita punya?

Salah satu cara agar orang percaya adalah testimonial yang ada pada toko online kita. Testimonial atau yang biasa disebut testimoni adalah catatan ungkapan pelanggan atau konsumen mengenai produk/jasa serta pelayanan yang dilakukan oleh toko online Anda. Testimonial sangat berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah toko online ataupun seller yang berjualan secara online.

Testimoni bisa dijadikan sebuah iklan berjalan yang dapat membantu orang lain mengetahui bahwa bertransaksi dengan Anda merupakan sesuatu yang aman. Tapi tidak mungkin juga sebuah testimoni dapat menjadi sebuah bumerang yang dapat  menjatuhkan bisnis kita. 

Testimoni ada beberapa macam jenisnya, berikut ini beberapa jenis testimoni yang bisa Anda sertakan dalam toko online Anda : 


1. Testimoni Tertulis

Testimoni bisa berupa tulisan yang disampaikan pada toko online Anda ataupun di ulasan pada akun marketplace Anda. Jadi ketika Anda membuat toko online jangan lupa untuk membuat kolom tersendiri untuk tempat para pelanggan menuliskan testimoni. Pastikan Anda menaruh  kolom testimoni ini di tempat yang mudah terlihat. 


2. Testimoni Mulut ke Mulut 

Testimoni mengenai baik ataupun buruknya produk dan pelayanan bisa tersebar dari mulut ke mulut. Bila pelanggan telah bertransaksi dengan kita dan mereka puas dengan barang/jasa yang kita jual serta pelayanan kita, biasanya mereka akan mereka merekomendasikan bila mencari barang/jasa yang sama melalui kita.

Tapi  bila mereka kecewa maka mereka juga pasti menyarankan agar tidak bertransaksi dengan kita. Jadi sebisa mungkin puaskan pelanggan Anda agar mereka memberikan testimoni terbaik untuk Anda


3. Testimoni pada Social Media 

Selain testimoni yang bisa ditulis langsung biasanya para pelanggan yang puas dengan pelayanan kita akan membaginya pada social media seperti Facebook atau Instagram. Pada Instagram biasanya pelanggan upload foto sedang menggunkan atau menikmati produk kita lalu tag akun instagram kita. Untuk di Facebook biasanya para pelanggan menuliskan di Fanspage yang kita punya. 

Jadi selalu bangun kepercayaan para pelanggan untuk mendapatkan testimoni yang positif. Jangan lupa sertakan tulisan yang mengajak para pembeli memberikan testimoni untuk kita, itu bisa kita letakkan pada bungkusan paket yang kita kirim. 

Bagikan Post

Artikel Terkait

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar