There is No Secret Ingredient

There is No Secret Ingredient

“There is no secret ingredient. It's just you.” Begitulah kutipan dari film animasi Box Office Kung Fu Panda. Ini juga yang dilakukan oleh Harland David "Colonel" Sanders , lahir 9 September 1890, merupakan pendiri salah satu franchise ayam goreng terbesar di dunia, KFC. Berangkat dari keluarga penambang di Kentucky,  Sanders yang kala itu berusia enam tahun harus membantu ibunya untuk menghidupi adik-adiknya setelah ayahnya meningggal.  Sanders mulai bekerja di sebuah pabrik baju saat itu pula Ibunya pun banyak mengajarinya cara memasak makanan, termasuk ayam goreng.
Beberapa tahun berikutnya Sanders menjalani berbagai pekerjaan mulai menjadi buruh tani hingga menjadi seorang kondektur term. Sanders pun kemudian menjadi tentara yang dikirim ke Kuba selama 6 bulan. Setelah itu Sanders bekerja sebagai pemadam kebakaran. Di usia 40 tahun, Sanders mulai memasak untuk orang-orang yang datang dan singgah di bengkelnya di Corbin. Pada saat itu Sandres belum memiliki restoran dia hanya menyajikan makanan di ruang makan bengkelnya. Merasa semakin banyak orang yang datang ketempatnya untuk makan, akhirnya Sanders memutuskan untuk pindah keseberang jalan dekat dengan penginapan dan restoran yang dapat menampung jumlah orang lebih banyak sekitar 142 orang.
Selama 9 tahun Sandres memasak ayam goreng  yang spesialisasinya adalah, tentu saja, ayam goreng yang dibumbui dengan campuran aslinya sebelas bumbu dan rempah-rempah. Dibuat dengan teknik masak dasar yang membuat masakannya menjadi kesukaan banyak orang.  Pada tahun 1935, ketika Sanders berumur 45 tahun, Sanders memiliki reputasi yang baik, Gubernur Ruby Laffoon memberi penghargaan Kentucky "Colonel" karena kemampuan hebatnya dalam memasak makanan yang enak serta atas kontribusinya bagi negara bagian Cuisine. Pada tahun 1939, keberadaannya pertama kali terdaftar di Duncan Hines “Adventures in Good Eating.”
Tahun  1950 mendapat kabar tentang perencanaan jalan raya baru antar Negara bagian akan dibangun melewati kota Corbin.  Jalan raya tersebut akan mengalihkan sebagaian besar lalu lintas kota dan dengan adanya jalan raya tersebut yang baru saja dia peroleh kesuksesannya. Melihat kesuksesannya akan berakhir, Sanders pun memutuskan untuk pensiun. Saat itu Sanders mendapatkan dana pensiun sebesar  $ 150 per bulan. Saat menerima pensiun pertamanya Sanders sadar tidak mau hanya mengandalkan dana pensiun. 
Di tahun 1952, Kolonel Sanders menjual semua propertinya untuk berkeliling dari kota ke kota, dan dari restoran ke restoran untuk menawarkan resep Ayam Gorengnya. Sebagai mantan koki, dia percaya bahwa resepnya akan diminati banyak restoran dan yakin bahwa akan ada banyak orang yang mau diajak kerja sama  untuk membuka waralaba dengan licensinya . Sayangnya, lebih dari 1000 restoran sempat menolak resep yang ditawarkannya, tapi dia tidak menyerah begitu saja dan terus berkeliling sampai tiba di restoran ke 1008 yang mau membeli resep ayam gorengnya dan mengembangkan usaha waralaba yang diberi nama KFC.
Pada saat usia 65 tahun Sanders masih mau berusaha untuk mengembangkan usahanya , Sanders tidak mau hanya menerima dana pensiun saja tapi dia lebih mau berusaha dan berjuang. Seandainya pada restoran ke 1000 Sanders berhenti mungkin kita tidak akan menikmati enaknya KFC. Untuk kita yang muda pelajaran dari Colonel Sanders  sangatlah bisa kita contoh. Kegigihanya dan kemauannya keluar dari zona nyaman membuat namanya dikenal di belahan bumi manapun.
Resep rahasia itu tidak ada, yang ada adalah pantang menyerah dan mau berusaha. ^^

Bagikan Post

Artikel Terkait

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar