Mari Kita Kenali Kriteria Para Buyer Di Marketplace

Mari Kita Kenali Kriteria Para Buyer Di Marketplace

Banyak sekali cara agar kita bisa berbisnis secara online belakangan ini. Untuk seorang yang memiliki usaha yang lebih besar terkadang sudah memiliki website sendiri sebagai penunjang jualan mereka. Bagi yang hanya memiliki modal minim kebanyakan menggunakan marketplace sebagai sarana untuk berjualan online.

Untuk yang berjualan pada FJB Kaskus ataupun pada marketplace seperti Berniaga dan Tokobagus, biasanya cenderung menghadapi buyer secara langsung, karena kita sebagai buyer langsung yang berhubungan dengan para seller. Ada yang asik untuk diajak transaksi tapi ada juga yang sedikit menyebalkan dalam jual beli tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tipe buyer yang harus kita ketahui bila ingin berjualan di marketplace :

1. Buyer Cerdas

Biasanya tipe pembeli seperti ini adalah pembeli yang banyak disenangi oleh kebanyakan seller, buyer ini adalah buyer yang tidak ribet dalam bertransaksi. Mereka biasanya sudah mengerti detail barang yang sudah kita posting, karena mereka membaca dengan jelas keterangan  yang telah kita sampaikan.

Tipe buyer ini juga kebanyakan menawar barang dengan harga yang sesuai karena mereka kebanyakan sudah tahu kisaran harga barang tersebut.

2. Buyer Bid and Run

Buyer yang seperti ini biasanya tipikal buyer yang senang bertanya-tanya saja, melakukan penawaran dan kemudian kabur begitu saja. Buyer seperti ini sebenarnya kebanyakan hanya iseng saja dan pas ketika sudah waktu yang ditentukan untuk transfer sejumlah barang mereka tidak ada kabarnya lagi pergi begitu saja.

Yang lebih parahnya lagi bila mereka melakukan janji untuk COD, tapi ketika kita sudah berada di tempatnya dan di waktu yang sudah ditentukan mereka tidak kunjung datang.

3. Buyer Sadis

Buyer yang satu ini biasanya memiliki niat yang sangat kuat untuk memiliki barang yang kita jual. Tapi karena (mungkin) keterbatasan dana dan alasan lain mereka menawar dengan harga yang tidak wajar bahkan setengahnya. Wajar jika para seller menjuluki mereka Afgan, karena mereka menawar seperti lagu penyanyi Afgan yang berjudul sadis.

4. Price Police

Untuk tipe pembeli seperti ini tidak jauh beda dari buyer sadis. Tipe price police biasanya membanding-bandingkan jualan kita dengan jualan orang lain. Bisa dibilang sebenarnya mereka ingin menawar tapi cara yang mereka lakukan sungguh lebih menyakitkan.

5. Buyer Cerewet

Tipe pembeli ini adalah tipe yang selalu menanyakan bagaimana status barang mereka. Mereka terkadang kurang sabar dalam proses pengiriman, bahkan bila dari pihak telat mereka bisa menuduh yang macam-macam.

Melihat tipe-tipe buyer di atas alangkah baiknya jika kita sebagai penjual memahami bagaimana kriteria para buyer, yang penting kita juga harus fast response dan memberikan info yang sejelas-jelasnya tentang info barang yang kita jual.

Credit Picture : www.atelier.net 

Bagikan Post

Artikel Terkait

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar