Jika Ingin Sukses Berbisnis, Cobalah Mengerti Pelanggan Anda

Jika Ingin Sukses Berbisnis, Cobalah Mengerti Pelanggan Anda

Apa yang sebenarnya seorang inginkan ketika datang ke sebuah cafe dan memesan secangkir kopi? Memang sebuah pertanyaan yang terdengar konyol, yang pasti mereka membutuhkan secangkir kopi tapi disamping itu semua, mereka ingin merasa dilayani seperti manusia bukan hanya dianggap sebagai pelanggan.

Penuhi kebutuhan manusiawi dari pelanggan Anda maka mereka pun akan tidak segan untuk berkunjung kembali. Anggap diri Anda sebagai seorang pelanggan, ketika berkunjung ke toko kita disapa dengan ramah dengan senyuman sambil menunjukkan tempat yang nyaman untuk duduk sambil menikmati suasana toko. Direkomendasikan produk terbaik yang menjadi andalan tempat tersebut serta disuguhkan dengan baik dan ramah.

Apapun binis Anda, bisa mencapai sebuah kesuksesan jika Anda bisa tetap membuat pelanggan merasakan hal yang sama ketika berkunjung ketempat Anda. Buat pelanggan Anda kembali dengan memberikan rasa nyaman ketika berkunjung ke tempat Anda.

Pada dasarnya orang lebih cenderung menyukai  berbisnis dengan orang yang mereka suka. Oleh karena itu, fokuslah untuk membangun hubungan dengan mereka,  bangun hubungan tersebut melebihi apa yang Anda berikan untuk mereka dan juga produk yang kita sajikan untuk mereka.

Terkadang para pelanggan enggan untuk berkeliling mencari toko yang paling murah, oleh karena itu senyuman menjadi hal yang akan lebih berharga dari sebuah potongan harga.  Permintaan maaf atas kesalahan pemilihan bahan mungkin akan lebih memenangkan kesetiaan pelanggan dibanding dengan penggunaan bahan yang tepat dari awal.

Para pelanggan jarang sepenuhnya bersifat rasional, mereka selalu mencari cara untuk berhubungan pada suatu tingkat manusiawi dengan orang lain. Dengan menunjukkan empati yang nyata akan kebutuhan dan keinginan pelanggan, akan menghasilkan dampak yang luar biasa.

Seorang pebisnis yang berhasil  tidak hanya menciptakan sebuah produk lalu berusaha menjualnya, tapi mereka mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan lalu menciptakannya. Daripada mengakali pelanggan lebih baik kita menyuguhkan yang terbaik  yang mampu melalui kebutuhan pelanggan.

Sebuah rahasia yang membuat Anda bisa menghindari kegagalan adalah; segala sesuatu harus didasari pada apa yang seharusnya dikehendaki pelanggan Anda.

Sumber : The Rules Entrepreneurship

Bagikan Post

Artikel Terkait

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar