8 Hal Yang Membuat Anda Mengenal Franchise Lebih Dalam

8 Hal Yang Membuat Anda Mengenal Franchise Lebih Dalam

Franchise sebagai salah satu konsep bisnis kian popular belakangan ini, semakin banyaknya franchise di Indonesia adalah milik para UKM yang mengembangkan bisnis mereka. Tapi seiring berkembangnya franchise yang ada belakangan ini masih banyak pengusaha yang kurang akan pemahaman mengenai franchise.
Banyak para pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya, tapi bingung bagaimana cara mewaralabakan usahanya tersebut. Sedangkan calon investor ataupun biasa disebut franchisee sering bingung mengenai seluk-beluk franchise. Berikut ini adalah penjelasan mengenai hal-hal yang ada dalam bisnis franchise.

1. Franchise
Menurut Dr. Martin Mendelson, pakar franchise dari Amerika Serikat, format bisnis franchise adalah modal izin dari satu orang kepada orang lain, meliputi seluruh elemen yang dibutuhkan untuk membuat orang yang sebelumnya belum terlatih dalam berbisnis untuk mampu menjalankan bisnis yang dikembangkannya.

2. Franchisor
Franchisor merupakan pihak pemilik barang ataupun jasa yang telah memiliki merek serta memberikan hak eksklusif tertentu untuk pemasaran dari barang dan jasa.

3. Franchisee
Franchisee merupakan orang yang menerima hak eksklusif dari franchisor untuk mengembangkan usaha franchise di beberapa wilayah.

4. Master Franchise
Master franchise adalah penerimaan hak eksklusif dari franchisor untuk mengembangkan merek usahanya dalam suatu negara.

5. Elemen-Elemen Biaya
Elemen –elemen biaya ini merupakan bagian dari berbagai bentuk konpensasi atas hubungan yang terjadi. Biasanya biaya ini yang menetapkan adalah franchisor dan merupakan kewajiban dari franchisee untuk menunaikannya. Elemen – elemen biaya itu biasanya terdiri dari :

a. Franchise fee
b. Royalty fee
c. Iuran atas biaya promosi bersama atau biasa dikenal Advertising Fee

6. Franchise Fee
Franchise fee adalah biaya awal yang harus dibayarkan franchisee kepada franchisor sebelum franchisee membuka gerai franchise. Pada dasarnya franchise fee ini dibayarkan untuk :
a. Lisensi atau hak untuk menggunakan merek dagang yang diwaralabakan selama jangka waktu yang disepakati.
b. Hak untuk meminjam  dan menggunakan pedoman operasional selama jangka waktu waralaba.

Besaran biaya ini tergantung kepada kebijakan franchisor. Tapi alangkah lebih baiknya bila ketika Anda membayarkan franchise fee ini Anda mengetahui biaya tersebut termasuk hal-hal di bawah ini atau tidak, hal – hal tersebut adalah :
a. Survei lokasi
b. Design layout
c. Daftar perlengkapan awal
d. Pencarian supplier
e. Bimbingan perencanaan bisnis
f. Seleksi pegawai
g. Penyelenggaraan pelatihan awal
h. Supervise dan eksekusi launching

7. Royalty Fee
Royalty fee merupakan biaya yang harus dibayarkan franchisee setelah gerai waralaba sudah beroperasi. Umumnya biaya ini dibayarkan setiap awal bulan. Metode royalti ini beragam, tapi rata-rata berupa presentasi terhadap setiap penghasilan yang diterima franchisee dengan mengecualikan unsur pajak jika ada.

8. Advertising Fee
Advertising fee ini ada biasanya untuk keperluan pengelolaan merek dan strategi pemasaran, franchisor memerlukan dana yang akan diambil dari dana iuran dan promosi bersama.

Sumber : Franchise Bible

Bagikan Post

Artikel Terkait

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar